E G G G E E K

Apa Itu Business Intelligence (BI)?

Business Intelligence adalah kombinasi dari Big Data, Analisa, visualisasi data sharing dan mekanisme komunikasi yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan memberikan wawasan data yang lebih mendalam dibandingkan dengan analisa prediktif.

Apa itu Business Analytics (BA)?

Business Analytics adalah bagian-bagian secara menyeluruh dari mekanisme BI dengan menggunakan data kuantatif untuk memprediksi hasil.

Perlu kami ingatkan kembali, setiap orang memiliki penafsiran berbeda tentang BI & BA sesuai dengan kriteria masing-masing. Hanya saja, secara keseluruhan penafsiran mereka memiliki arti yang sama. Ketika Anda menemukan pengertian yang berbeda tentang BI & BA, Anda akan memiliki satu titik dimana BI merupakan inti dari BA. Sedangkan BI tidak akan berfungsi jika tidak ada BA.

Perbedaan Antara BI & BA

1. BI sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjalankan suatu bisnis. Sedangkan BA dieprlukan oleh perusahaan untuk mengubah bisnis yang dijalankan.

2. BI merupakan analsia riwayat data dari berbagai sumber untuk memberikan informasi kepada pengambil keputusan dari perusahaan untuk mengidentifikasi dan membuat resolusi suatu masalah. Sedangkan BA merupakan analisa untuk menentukan arah perusahaan di masa yang akan datang. BA membantu perusahaan untuk mengeksplorasi data BI dari berbagai sumber untuk mengalisa statistik, analisa kuantitatif, data mining, model prediktif dan teknik-teknik lainnya untuk mengidentifikasi tren yang dapa mendorong perubahan bisnis untuk medukung praktik bisnis yang berkelanjutan.

3. BI selalu digunakan untuk mencari riwayat data dari satu menit yang lalu hingga beberapa tahun yang lalu. Sedangkan BA akan membantu perusahaan dalam mengantisipasi apa yang akan akan di hadapi oleh perusahaan.

Itulah arti dari Business Intelligence (BI) dan Business Analytics (BA) yang dapat kami berikan kepada Anda. Apabila Anda memiliki definisi lain tentang BI dan BA, jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah ini.

Related Post

3 Comments

Leave a Comment