E G G G E E K

Kalau kita biacara tentang brand, apa sih nama brand yang ada dibenak kalian?

Saya akan tanya apa nama brand air minum kemasan di indonesia? saya yakin dibenak anda sudah pasti AQUA. Kenapa nama-nama brand terkenal seperti AQUA, Apple, Microsoft, Adidas, NIKE dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu sangat begitu melekat di otak kita? nah itulah pentingnya membangun branding untuk bisnis kita entah itu produk, jasa maupun diri sendiri (personal branding).

Membangun branding, nama besar, nama baik sebuah integritas dalam sebuah bisnis memang sangat penting, hal ini sudah jelas fungsinya adalah untuk meningkatkan penjualan ataupun jumlah klien. Mungkin memang masih banyak orang yang berfikir dengan membangun bisnis instan, cepat kaya dengan metode Hit And Run, jadi mereka hanya mengambil uang kliennya tanpa berfikir memberikan feedback positif yang berarti.

Brand atau nama baik ini sangat penting kegunaannya, bukan hanya bagi diri sendiri yang biasa disebut personal branding, tetapi juga branding bagi perusahaan. Misalnya anda adalah seorang penjual jasa perseorangan, maka personal branding ini sangatlah penting mengingat banyak pelanggan yang kemudian nantinya akan menggunakan jasa anda lagi, maka buatlah pelayanan sebaik mungkin untuk membangun brand tersebut. Membangun branding bisa terjadi secara natural dan bisa juga buatan, tentu saja meskipun buatan anda harus mengutamakan kejujuran.

Banyak para pembisnis berpendapat bahwa mempertahankan itu jauh lebih sulit dibandingkan menciptakan, oleh karena itu anda harus mampu melakukan hal itu. Dunia bisnis dibangun dengan kepercayaan antara pihak penyedia (kita) dan konsumen, oleh sebab itu untuk terus menjaga hubungan baik tersebut harus dengan dipupuk menggunakan value-value plus yang bisa membuatnya semakin puas menggunakan jasa kita.

Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan.

Related Post

1 Comment

Leave a Comment